Selasa, 05 Juni 2012

Raditya Dika (si kambing Jantan)

Siapa Sih Raditya Dika?

Raditya Dika (lahir Desember 28, 1984) adalah seorang penulis.

Raditya dikenali publik setelah buku pertamanya Kambingjantan (Gagasmedia, 2005) terbit di pasaran. Buku tersebut adalah hasil adaptasi dari blognya yang dulu beralamat di www.kambingjantan.com. Dengan gaya menulis komedi yang lepas pakem, dan apa adanya, Kambingjantan sukses menjadi bestseller.

Selanjutnya, berbeda dengan Kambingjantan, Raditya menulis buku bergaya personal-essay-comedy berjudul Cinta Brontosaurus (Gagasmedia, 2006). Buku tersebut, bersama buku-buku berikutnya, Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (Gagasmedia, 2007) Babi Ngesot (Bukune, 2008), dan Marmut Merah Jambu (Bukune, 2010) telah sukses menjadi national bestseller. .

Di akhir tahun 2008, bersama komikus Dio Rudiman, Raditya menulis komik Kambingjantan (Gagasmedia,2008). Komik ini berisi kehidupannya sewaktu menjadi mahasiswa perantauan di Adelaide, Australia.

Project terakhir Raditya adalah film yang diangkat dari buku pertamanya, Kambingjantan, yang disutradari Rudi Soedjarwo. Selain menulis skripnya bersama Salman Aristo dan Mouly Surya, di film tersebut dia juga memerankan dirinya sendiri. Film ini tayang 5 Maret 2009.

Selain menulis, Raditya juga menjabat sebagai Redaktur Khusus penerbit Bukune, Direktur Utama perusahaan pemasaran internet Nyunyu Consulting, dan Direktur Pemasaran Celebrity Pancake (@durianpancake).



 

Berawal dari sebuah blog pribadi miliknya yang kemudian dibukukan pada tahun 2005, nama Raditya Dika kini dikenal oleh masyarakat. Sampai pada akhirnya Rudi Sudjarwo memfilmkan salah satu novelnya dan Radit berperan sebagai penulis skenario sekaligus pemeran utama. Selepas itu, Radit merambah dunia presenter hingga aktif pada forum-forum dunia maya. Penulis novel yang aktif di Twitter ini bahkan memiliki jumlah followers hingga ratusan ribu.

Selain itu, Radit kini juga aktif dalam komunitas Stand Up Comedy. Di Kompas TV, Radit akan memandu sebuah acara pencarian bakat STAND UP COMEDY INDONESIA bersama Pandji Pragiwaksono yang akan menampilkan 13 komedian hasil audisi di 5 kota besar di Indonesia.

Bukan hanya itu, Radit yang gemar mencoba hal baru juga akan memandu sebuah program tayangan yang merupakan hal baru untuknya. Raditya Dika akan memandu program TARUNG, berkeliling Indonesia mempelajari seni bela diri tradisional di berbagai daerah sampai bertarung dengan jawarajawara setempat. Ingin tahu serunya? Saksikan RADITYA DIKA dan petualangannya dalam TARUNG hanya di Kompas TV.
Foto

Buku-buku yang diterbitkan oleh Raditya Dika :
~ 1. Kambing Jantan
~ 2. Cinta Brontosaurus
~ 3. Radikus Makan Kakus
~ 4. Babi Ngesot
~ 5. Marmut Merah Jambu
~ 6. Manusia Setengah Salmon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar